RANCANG BANGUN GAME EDUKASI MATEMATIKA KELAS 4-6 SD BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2


Author (Penulis)

SETYO WIDODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.02.0337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang Matematika dan juga mengasah kecepatan berpikir bagi siswa SD kelas 4 – 6 TPQ BAITUL ABIDIN Jln. Melati, Suwaluh, Sambirejo, Pare - Kediri dengan menggunakan media game edukasi “Matematika”. Terbuatnya game edukasi ini memudahkan siswa dalam mempelajari Matematika. Penelitian ini membahas tentang materi – materi Matematika untuk kelas 4 – 6 SD yang berupa soal – soal yang umum di gunakan untuk tanya jawab namun sudah terseleksi untuk sebuah game. Game ini di buat sedemikian rupa dengan game play yang cukup menarik dalam menyajikan soal-soal yang terpilih agar siswa tertatarik dalam mempelajari Matematika atau sekedar mengetes kemampuan. Penentuan game ini dilakukan dengan penyebaran angket yang diberikan kepada siswa kelas 4 – 6 SD di TPQ BAITUL ABIDIN sebanyak 20 angket. Angket ini digunakan untuk menilai game yang dimainkan dari segi menarik atau tidaknya game, kemudahan dalam bermain game, dan manfaat game ini untuk dijadikan sarana pembelajaran game edukasi. Data yang diperoleh akan dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada uji kelayakan game edukasi “Matematika” untuk kelas 4 – 6 SD termasuk dalam kategori layak. Setelah dilakukan revisi game edukasi termasuk dalam kategori sangat baik pada uji lapangan. Dengan demikian, game edukasi “Matematika” layak digunakan pembelajaran matematika siswa kelas 4 – 6 SD.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI