SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI PERKEMBANGAN ANAK DALAM MENGIKUTI EKSTRA DI TAMAN KANAK-KANAK
Author (Penulis)
restyan sukmawati
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.02.0306
Abstract
ABSTRAK
Restyan Sukmawati : Sistem Pendukung Keputusan dalam Mengidentifikasi Perkembangan Anak untuk Mengikuti Ekstra di Taman Kanak-Kanak, Skripsi, Teknik Informatika, FT UNP Kediri, 2015.
Taman kanak-kanak merupakan tempat bermain dan belajar untuk mengembangan minat anak-anak usia dini terhadap sekolah dan pentingnya pendidikan. Setiap anak memiliki karakteristik tersendiri dan perkembangan setiap anak berbeda-beda baik dalam kualitas maupun tempo perkembangannya. Perkembangan anak bersifat progresif, sistematis dan berkesinambungan. Setiap aspek perkembangan saling berkaitan satu sama lain, terhambatnya satu aspek perkembangan tertentu akan mempengaruhi aspek perkembangan yang lainnya. Taman kanak-kanak Dharma Wanita Jajar memiliki ekstra jam tambah belajar bagi anak didiknya yang kurang mampu mengikuti perkembangan belajar teman-temannya yang di persiapkan untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.
Perkembangan teknologi membuat proses dalam mengidentifikasi perkembangan anak semakin mudah. Kemampuan komputer untuk mengolah informasi dan pengetahuan pada saat ini dapat menggunakan sistem pendukung keputusan yang merupakan salah satu bentuk dari perkembangan komputer yang dapat berpikir dan menyelesaikan masalah seperti layaknya manusia.
Pembuatan sistem pendukung keputusan ini bertujuan agar dapat membantu guru taman kanak-kanak dalam mengidentifikasi perkembangan anak untuk keikutsertaan didalam ekstra jam tambah belajar di taman kanak-kanak dengan menggunakan metode SMART.