Penerapan Data Mining Pada Penjualan Menggunakan Metode Clustering Studi Kasus PT. Unirama Duta Niaga


Author (Penulis)

NASIKHUL ANNAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.02.0267

Abstract

Penjualan merupakan salah satu fungsi pemasaran yang sangat penting dan menentukan bagi perusahaan dalam menciptakan tujuan perusahaan, memperoleh laba untuk kelangsungan hidup perusahaan. PT. Unirama Duta Niaga merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi dan mendistribusikan ke mitra-mitra yang sudah terjalin kerjasama dengan toko dan pasar- pasar yang berada di wilayah kediri Dalam penyelesaiannya, algoritma K-Means akan menghasilkan titik centroid yang dijadikan tujuan dari algoritma K-Means. Setelah iterasi K-Means berhenti, setiap objek dalam dataset menjadi anggota dari suatu cluster. Nilai cluster ditentukan dengan mencari seluruh objek untuk menemukan cluster dengan jarak terdekat ke objek. Algoritma K -means akan mengelompokan item data dalam suatu dataset ke suatu cluster berdasarkan jarak terdekat. Penjualan produk di PT. Unirama Duta Niaga wilayah kediri dengan metode k-means dilakukan dengan beberapa tahap dengan mendata produk yang ada di PT. Unirama Duta Niaga dan di carai dengan algoritma k-means sehingga ditemukan jumlah dari setiap produk. Hasinya kedepan agar aplikasi ini dapat dikembangkan lebih jauh dengan pengolahan data yang lebih besar dan luas sehingga aplikasi ini benar-benar dapat digunakan sebagai salah satu gambaran dalam pengambilan keputusan perusahaan yang lebih akurat dan berguna. Diharapkan di masa yang akan datang agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode K-means Clustering maupun dengan menggunakan metode pengelompokan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI