SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGUKURAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP MUTU PT. MITRA JAVA MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY


Author (Penulis)

MOHAMMAD WIJAYADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.02.0245

Abstract

ABSTRAK Pentingnya menjaga agar pelanggan dapat menikmati pelayanan yang dibayar sangatlah disadari oleh PT.Mitra Java, oleh karena itu PT.Mitra Java memerlukan suatu sistem yang terstrukturisasi untuk para pelanggan yang dapat digunakan sebagai alat ukur untuk menyampaikan kepuasan ataupun penilaian yang berkualitas terhadap mutu PT.Mitra Java. Untuk mewujudkan hal itu PT.Mitra Java berharap ada suatu inovasi dan terobosan, untuk itu peniliti sebagai salah satu karyawan di PT.Mitra Java tergerak untuk merealisasikan sistem tersebut, sebuah Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan pengukur kepuasan pelanggan terhadap mutu PT.Mitra Java dengan metode service quality yang hasilnya akan berguna sebagai pacuan untuk perusahaan memberikan pelayanan yang lebih memuaskan lagi. Pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana mengimplementasikan metode service quality (ServQual) dalam sistem pendukung keputusan menentukan kepuasan pelanggan PT.Mitra Java.(2) Bagaimana nilai akurasi pembobotan disetiap kriteria yang diperlukan untuk menentukan kepuasan pelanggan PT.Mitra Java?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengimplementasikan metode service quality (ServQual) dalam sistem pendukung keputusan menentukan kepuasan pelanggan PT. Mitra Java (2) Membuat sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan pengukur kepuasan pelanggan PT.Mitra Java, dengan data dan nilai akurasi pembobotan yang terstrukturisasi, tepat, langsung, dan akurat. Dalam proses pengukuran kualitas jasa atau mutu dalam model Servqual ini didasarkan pada skala multiitem yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi pelanggan. Serta gap diantara keduanya pada lima dimensi kualitas jasa yaitu (Tangibles, Reliability, Responsiviness, Assurance, Empaty), kelima dimensi kualitas tersebut dijabarkan dalam beberapa butir pertanyaan untuk atribut harapan dan variabel presepsi berdasarkan skala likert. Skor Servqual untuk tiap pasang pertanyaan bagi masing-masing pelanggan dapat dihitung berdasarkan rumus Telah dihasilkan sebuah sitem pendukung keputusan menentukan mutu PT. Mitra Java Multimedia dengan menggunakan metode ServQual, aplikasi ini dapat menilai seberapa jauh tingkat kepuasan pelangan terhadap PT. Mitra Java Multimedia dengan perhitungan yang tepat dan terukur. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk (1) Perlu dilakukam uji coba untuk menyempurnakan system ini dengan metode atau nilai kompentensi yang lebih baik. Kata kunci : Sitem Pendukung Pengambil Keputusan, Tingkat Kepuasan Mutu, Metode Service Quality, Delphi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-24

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI