IMPLEMENTASI DATA MINING PADA PEMILIHAN WAHANA PERMAINAN FAVORIT GAME FANTASIA DI KEDIRI MALL
Author (Penulis)
MOCHAMAD AZIZ SYAIFUDDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.02.0225
Abstract
ABSTRAK
Game Fantasia merupakan pusat wahana permainan yang menyediakan berbagai wahana
permainan modern dan mudah ditemui di mall atau swalayan. Namun terjadi persaingan dalam bidang
usaha wahana permainan maka dibutuhkan strategi – strategi dalam menjaga kepuasan pengunjung.
Penempatan lokasi wahana yang disukai oleh pelanggan kurang strategis membuat banyak pengunjung
kurang begitu menikmati dalam bermain wahana tersebut, penataan wahana sebaiknya disesuaikan
dengan keinginan pengunjung.
Penulis melakukan analisa data menggunakan data mining dan metode apriori dalam
mengambil keputusan pemilihan wahana favorit, sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan
MySQL. Sistem ini mengolah data kualitatif deskriptif melalui wawancara dan studi lapangan.
Setelah proses implementasi sistem disimpulkan bahwa Implementasi Data Mining pada
Pemilihan Wahana Permainan Favorit Game Fantasia di Kediri Mall dapat dilakukan dengan memilih
wahana permainan favorit dengan melakukan perhitungan dengan metode apriori. Maka akan
didapatkan hasil suatu rekomendasi yang nantinya akan dibuat sebagai acuan untuk menentukan tata
letak wahana.
Kata Kunci : Apriori, Game Fantasia, Wahana.