RANCANG BANGUN GAME ASAH OTAK KUIS TEBAK LIRIK LAGU BERBASIS ANDROID DENGAN SPEECH RECOGNIZED
Author (Penulis)
Moch. Puji Sutrisno
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.02.0223
Abstract
Moch Puji Sutrisno: Rancang Bangun Game Asah Otak Tebak Lirik Lagu Berbasis Android, Skripsi, Teknik Informatika, Fakultas Teknik UN PGRI Kediri 2015.
Kata Kunci: Game, Android, Speech recognized, Mobile game, Game Platform.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman pengalaman peneliti bahwa di era sekarang ini perkembangan teknologi sangatlah pesat, khususnya pada perkembangan game. Perkembangan game platform juga dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat, pada mulanya game hanya dimainkan di komputer dan console tetapi sekarang sudah memasuki era mobile game.Apalagi sekarang Android yang menjadi sistem operasi berbasis open source membebaskan pengguna untuk membuat atau mengembangkan aplikasinya sendiri. Ini menjadikan peluang untuk memanfaatkan teknologi dengan berinovasi menciptakan aplikasi yang berguna untuk diri sendiri dan orang lain.
Permasalah penelitian ini adalah bagaimana membuat suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk semua kalangan yang menghibur dan dapat menjadi sarana edukasi yang efektif dan efisien.
Penliti merancang suatu aplikasi game berbasis android yang didalamnya terdapat lirik lagu dengan genre antara lain pop, dangdut dan lagu wajib sehingga dapat menjadi aplikasi yg mendidik juga menghibur. Teknik menjawab menggunakan pengenalan suara Speech recognized sehingga lebih mudah dimainkan semua kalangan.
Setelah aplikasi game asah otak tebak lirik lagu ini diimplemantasikan, maka disimpulkan bahwa (1)Telah berhasil dirancang sistem edugame yg menarik dan mudah digunakan. (2) Telah berhasil dibuat sebuah aplikasi game Tebak Lirik Lagu Berbasis Android.