Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Tokoh Wayang Kulit Menggunakan Metode Linier Congruent Metod (LCM) Berbasis Android


Author (Penulis)

M. NAJIB ANDAWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.02.0205

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Produk penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis mobile application yang dapat dioperasikan pada gadget dengan OS android. Permasalahan dari skripsi ini adalah Bagaimana merancang dan membuat program pembelajaran tokoh wayang kulit agar dapat menarik perhatian anak agar lebih suka dalam mempelajari kebudayaan kita yang semakin dilupakan pada saat ini. Mengenal tokoh pewayangan jawa itu sangat perlu ditanamkan pada anak usia dini, karena dapat meningkatkan wawasan tentang pewayangan Jawa. Tujuan dalam tugas akhir ini adalah bagaimana membuat sebuah aplikasi yang membuat anak-anak khususnya pada usia 7 sampai 12 tahun agar tertarik untuk mengenal tokoh-tokoh pewayangan Jawa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah observasi dan studi pustaka. Implementasi yang dihasilkan adalah pengenalan tokoh pewayangan Jawa menggunakan MIT app inventor. Sehingga anak lebih mudah memahami tokoh pewayangan dan tidak mudah jenuh. Selain itu juga mempermudah anak untuk mengenal tokoh peway angan jawa dengan menggunakan animasi yang ada. Berdasarkan penelitian ini diharapkan menghasilkan rancangan system teknologi informasi dan program aplikasi pembelajaran yang dapat memicu semangat belajar tentang budaya wayang pada anak - anak sekolah. Kata kunci : Media Pembelajaran, Wayang, MIT app inventor, Android

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI