PENERAPAN METODE TREND MOMENT UNTUK PERAMALAN PENJUALAN SEPATU DAN SANDAL PADA TOKO BATT
Author (Penulis)
IMAM WAHYUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.02.0164
Abstract
Toko BATT merupakan sebuah toko yang sedang berkembang yang bergerak di bidang penjualan grosir sepatu dan sandal yang beralamat di Jln. Karangrejo – Argowilis Tulungagung. Dari tahun ke tahun konsumen dari toko BATT semakin meningkat, dan produk yang diperjual belikan semakin banyak.
Di dalam persaingan usaha bisnis penjualan, seiring dengan bergantinya tahun semakin lama semakin ketat . Untuk itu seorang pengusaha sangat berperan penting dalam mengambil sebuah keputusan dalam menjalankan usahanya, salah satunya dalam hal memperkirakan persediaan stok dan penjualan barang di bulan dan tahun berikutnya.
Untuk itu Penulis merancang sebuah Sitem Peramalan yang diharapkan dapat membantu pengusaha dalam memperkirakan berapa banyak persediaan stok dan penjualan di bulan berikutnya. Sistem Peramalan ini menggunakan metode trend moment. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data-data penjualan masa lalu yang diperoleh dari hasil wawancara secara langsung di tempat penelitian. Metode Trend Moment ini digunakan untuk dapat mengatasi permasalahan yaitu untuk meramalkan penjualan, sehingga pengaruh unsur subyektif dalam menentukan peramalan penjualan nantinya dapat di hindarkan. Semakin banyak data-data historis untuk perhitungan peramalan menggunakan metode Trend Moment semakin akurat pula peramalan yang dihasilkan, sehingga hasil peramalan tersebut dapat membantu pelaku pengusaha bisnis dalam mempertimbangkan berapa banyak persediaan stok barang di bulan berikutnya, agar tidak mengalami kekurangan atau kelebihan stok barang.
Kata Kunci : Peramalan, Metode Trend Moment