Peningkatan Mutu Pendidikan Berkarakter Melalui Objektivitas Kelompok Pembelajaran Siswa Menggunakan Algoritma K-Means Clustering


Author (Penulis)

DEVI PUSPITSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.02.0084

Abstract

Data kelas VIII SMPN 1 Pagu Kediri melimpah dan belum dimanfaatkan secara maksimal. Belum adanya pengelompokkan data siswa menyebabkan penumpukan data yang dapat mempengaruhi data itu sendiri. Data siswa bisa dimanfaatkan untuk mengetahui perkembangan siswa selama di sekolah. Untuk memudahkan pencarian data siswa, data dikelompokkan menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Algoritma K-Means merupakan algoritma teknik klastering yang berulang-ulang. Algoritma ini dimulai dengan pemilihan secara acak K, yang merupakan banyaknya klaster yang ingin dibentuk. Kemudian tetapkan nilai-nilai K secara random, untuk sementara nilai tersebut menjadi pusat kluster atau biasa disebut dengan centroid/mean. Hitung jarak setiap data yang ada terhadap masing-masing centroid menggunakan rumus yang sudah disediakan hingga diketemukan jarak yang paling dekat dari setiap data dengan centroid. Klasifikasi setiap data berdasarkan kedekatannya dengan centroid. Lakukan langkah tersebut sampai nilai centroid stabil. Dengan sistem ini siswa dapat di kelompokkan menjadi siswa berprestasi (siswa yang memiliki rentang nilai 100-75), siswa biasa (siswa yang memiliki rentang nilai 76-58) dan siswa butuh perhatian (siswa yang rentang nilainya (59-0). Hasil dari sistem ini berupa solusi yang dapat dipertimbangkan untuk membantu proses belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI