Aris Nurhayati: Penerapan Algoritma Template Matching pada Klasifikasi Bentuk Bangun Datar Dalam Media Pembelajaran Siswa PAUD. Skripsi, TI, FT,UN PGRI Kediri, 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penelitian yaitu terbatasnya media pembelajaran interaktif dan menyenangkan khusus siswa PAUD Al-Azhar,disebabkan beberapa faktor,baik faktor eksternal maupun faktor internal,diantaranya karena keterbatasan tenaga pendidik yang mau dan mampu berkreasi untuk menciptakan suatu media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menarik minat belajar siswa dan didalam studi kasus ini akan lebih mengenalkan kepada siswa agar lebih mengerti bentuk gambar supaya akurat dan mengenalkan bacaan dari gambar tersebut yang mana siswa masih bingung apabila gambar dibalik atau gambar kurang beraturan
Permasalahan dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana memberi dan membuat media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa PAUD AL AZHAR dalam mengenali bentuk bangun datar? (2) Bagaimana membuat aplikasi yang mudah digunakan dan efisien dari segi waktu serta lebih tepat sasaran dibandingkan dengan metode pembelajaran manual seperti sistem yang berjalan pada saat ini ?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeteksi berapa persen siswa PAUD AL AZHAR dalam mengenali bentuk - bentuk bangun datar berdasarkan pengklasifikasiannya. (2) tujuan dibuatkan aplikasi adalah untuk mempermudah pengenalan bangun – bangun datar kepada siswa, dan lebih efektif dan lebih mudah diterima oleh siswa. Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh guru untuk mengajar kepada siswa PAUD AL AZHAR sebagai metode pengenalan lewat aplikasi.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah (1)Telah dirancang dan dibangun sebuah sistem untuk membantu mempermudah pengajaran terhadap siswa PAUD AL AZHAR dan mengembangkan sistem PAUD AL AZHAR agar lebih baik dan maju. (2) Didalam sistem tersebut mengenalkan siswa PAUD AL AZHAR dalam mengenali bentuk-bentuk bangun datar berdasarkan pengklasifikasiannya. Mengatasi kejenuhan siswa PAUD AL AZHAR dalam belajar mengenali bangun datar.
Berdasarkan Simpulan hasil penelitianini adalah Sistem mempermudah pengajaran terhadap siswa PAUD dan juga mempermudah guru dalam menjelaskan kepada siswa tentang bangun datar.
Kata Kunci :template matching, PAUD , Media Pembelajaran, bangun datar.
Hambali, Julius dkk. 2002. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan system. Bandung: Bumi Aksara.
Hariyanto, Bambang. 2008. Sistem Manajemen Basis Data: Pemodelan, Perancangan, dan Terapannya. Bandung: Informatika.
Kurniadi, Adi. 2002. Pemrograman Microsoft Visual Basic 6. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kristanto, H. 1996. Konsep dan Perancangan Database, Yogyakarta : Andi
Kristanto,Andri. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Pressman, Roger S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku 1). Yogyakarta: Andi Offset.
Roji, Imam. 1997. Belajar matematika. Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia
Santoso, Harip. 2004. Pemrograman Client-Server SQL SERVER 2000 & VISUAL BASIC 6.0 + COMPACT DISK. Jakarta: Elex Media.
Sujiono Yuliana Nuraini. 2009. Konsep Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks. Jakarta.
Syifani ,Alfiana L. 2009. Sistem Pendukung Keputusan di SMK Kertanegara Wates dengan metode Simple Additive Weigth(SAW), Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri
Yakub. 2008. Sistem Basis Data: Tutorial Konseptual. Yogyakarta: Graha Ilmu.