IMPLEMENTASI METODE BARGAINING ZONE PADA PROSES TAWAR-MENAWAR MULTI PRODUCT DI PT. ARAYA DISTRIVERSA LESTARI CABANG MALANG


Author (Penulis)

Amiari samsiariska
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.02.0040

Abstract

ABSTRAK E-Commerce ini memudahkan customer untuk dapat melakukan transaksi jual-beli tanpa harus datang ke tempatnya. Namun pada saat ini, E-Commerce yang telah menjamur di dunia maya hanyalah situs penjualan yang hanya merespon permintaan dari pembeli berupa pemesanan dan pembelian produk saja, tanpa adanya kegiatan tawar-menawar harga. Padahal, dalam transaksi jual-beli terdapat proses yang sangat penting bagi konsumen yaitu, proses tawar-menawar. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah sistem informasi berbasis E-Commerce yang mampu memberikan layanan proses tawar-menawar harga multi product dari customer dilakukan oleh sistem secara otomatis. Sehingga transaksi terasa lebih efektif, efisien dan kesepakatan optimal dapat tercapai. Dalam teknik penelitian yang disertakan yaitu pengembangan dari masalah yang ada pada transaksi penjualan dan pembelian produk secara online, kemudian diubah ke dalam bentuk sistem yang mampu memberikan solusi. Proses tawar-menawar otomatis yang dilakukan oleh sistem penjualan online atau E-Commerce berdasarkan dari penerapan ilmu ekonomi, logika Fuzzy Tsukamoto, dan metode Bargaining Zone. Penelitian dilakukan di PT. Araya Distriversa Lestari Cabang Malang, dengan wawancara mengadakan tanya jawab kepada narasumber. Hasil yang dicapai bahwa sistem penjualan online atau E-Commerce akan mampu merespon proses tawar-menawar harga multi product dari customer secara otomatis, dengan menggunakan tiga kriteria utama sebagai acuan dalam menentukan harga penawaran baru yang ditawarkan oleh sistem. Kesimpulan yang dapat diambil adalah sistem penjualan online yang mampu merespon penawaran harga multi product secara otomatis dapat membantu customer dalam melakukan transaksi tawar-menawar harga barang yang dibelinya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Kata kunci: E-Commerce, Bargaining Zone, Penjualan, Customer, Jenis Produk, Internet.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI