PENGARUH VARIASI MODE TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR HONDA VARIO PGMFI 125CC TAHUN 2014 DENGAN BAHAN BAKAR PERTAMAX 92
Author (Penulis)
RUDY SEPTIYAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.01.0073
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari meningkatnya jumlah kendaran bermotor. Injeksi merupakan yang disematkan pada motor-motor di zaman sekarang. Injeksi adalah sebuah mode pencampuran udara dan bahan bakar supaya menghasilkan pembakaran yang sempurna.pada ketinggian dataran yang rendah engine memerlukan daya engine yang rendah, sedangkan pada dataran yang tinggi engine memerlukan daya yang lebih tinggi, maka dari itu setting engine seperti setting mode injeksi di perlukan
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh variasi mode terhadap torsi dan daya pada sepeda motor honda vario PGMFI 125cc tahun 2014 dengan bahan bakar pertamax 92. Kemudian di berikan variasi kecepatan mulai dari 25 km, 40 km, 55 km, 70 km, 85 km, 100 km. Pengujian torsi dan daya menggunakan dynotest. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan torsi tertimggi pada mode 1 mencapai 33 kgm pada kecepatan 25 km/h dan torsi terendah mencapai 14,25 kgm pada kecepatan 100 km/h. Dan torsi tertinggi pada mode 2 mencapai 21,5 kgm pada kecepatan 25 km/h.Sedangkan hasil penelitian mode 3 di dapatkan torsi tertinggi mencapai 24,5 kgm dan torsi terendah mencapai 14,7 kgm. Hasil pengujian daya pada mode 1 daya tertinggi mencapai 13,2 hp peda kecepatan 85 km/h. Sedangkan daya tertinggi pada mode 2 mencapai 12,75 hp, pada kecepatan 100 km/h. Dan di setting mode 3 daya tertinggi mencapai 12,1 hp pada kecepatan 85 km/h.
KATA KUNCI : Torsi,daya dan setting mode 1,2 dan 3.