PENGARUH PENGGUNAAN MODE 2 DAN MODE 3 SEPEDA MOTOR VARIO 125 FI DENGAN KETINGGIAN 0-1000 MDPL TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG BERBAHAN BAKAR PERTAMAX 92 PADA RPM 5000
Author (Penulis)
MUCHAMAD ANSHORI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.03.01.0055
Abstract
Abstrak
MUCHAMAD ANSHORI : Pengaruh Penggunaan Mode 2 Dan Mode 3 Sepeda Motor Vario 125 FI Dengan Ketinggian 0-1000 Mdpl Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Berbahan Bakar Pertamax 92 Pada Rpm 5000, Skripsi, Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang berdampak pada meningkatnya jumlah konsumsi bahan bakar dan semakin banyaknya pencemaran udara akibat emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Injeksi merupakan teknologi terbaru yang memakai sebuah metode untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan mengurangi tingkat polusi.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan motor honda vario 125 fi menggunakan setting mode 2 dan mode 3, (2) mengetahui perbedaan emisi gas buang yang dihasilkan motor honda vario 125 fi menggunakan setting mode 2 dan mode 3 dengan variasi rpm 1500, 2500 dan rpm maksimum 5000. Dalam penelitian konsumsi bahan bakar ini menggunakan alat yang dibuat sendiri, sedangkan emisi gas buang menggunakan technotest. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan konsumsi bahan bakar terendah adalah pada setting mode 2 dengan rpm 1500 yaitu dengan hasil rata-rata 12,5 jam / liter. Sedagkan konsumsi bahan bakar terboros didapat pada mode 3 dengan rpm 5000 yaitu 6,63 jam / liter. Untuk emisi gas buang didapat kandungan HC, CO, dan CO2 pada mode 3 lebih rendah dibandingkan dengan mode 2. Tetapi pada kandungan O2, mode 2 didapatkan kandungan yang lebih tinggi dibanding mode 3.
Kata kunci: Konsumsi bahan bakar, setting mode, dan emisi gas buang.