ANALISA PENGGUNAAN BAHAN BAKAR BENSIN JENIS PERTALITE DAN PERTAMAX PADA MESIN BERTORSI BESAR ( HONDA BEAT FI 110 CC )


Author (Penulis)

MOH. WILDAN HABIBI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.03.01.0052

Abstract

ABSTRAK MOH. WILDAN HABIBI : Analisa penggunaan bahan bakar Bensin jenis Pertalite dan Pertamax pada mesin bertorsi besar ( Honda Beat FI 110 cc), Skripsi, Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui perbedaan performa motor yang menggunakan bahan bakar pertalite 90 dan motor yang berbahan bakar pertamax 92. Variasi rpm dilakukan untuk mengetahui perbedaan daya, torsi, dan emisi gas buang yang di hasilkan motor berbahan bakar ppertalite 90 dan pertamax 92. Kemudian diberikan perlakuan variasi putaran mesin mulai dari 1750 rpm, 2000 rpm, 2250 rpm, 2500 rpm, 2750 rpm, 3000 rpm, dan 3250 rpm. Pengujian daya dan torsi menggunakan dynotest, sedangkan pengujian emisi gas buang menggunakan gas analyzer. Desain penelitian yang digunakan ialah eksperimen. Uji hipotesis dilakukan menggunakan metode deskriptif. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara mendeskripsikan dan merangkum hasil-hasil penelitian dalam bentuk grafik dan tabel dengan menggunakan Software Microsoft Word dan Excel. Hasil penelitian menunjukkan nilai oktan dari bahan bakar pada putaran 2000 rpm untuk torsi paling tinggi sebesar 18 Nm (pertamax), daya tertinggi diputaran 2000 Rpm sebesar 5.1 Kw, diperoleh kadar emisi gas buang paling rendah dan kadar emisi gas buang tertinggi diperoleh pada putaran 1750 rpm. Untuk kadar emisi gas CO terrendah pada bahan bakar Pertalite dengan nilai oktan 90 adalah 0.12 ppm dan Pertamax dengan nilai oktan 92 adalah 0,10 pada putaran Rpm 3250. Begitu pula dengan gas ?CO?_2 untuk pertalite 4,32 dan pertamax sebesar 4.30. Gas HC pertalite 90 sebesar 0.3 ppm dan pertamax 92 sebesar 0.28ppm. Sedangkan O_2 untuk pertalite sebesar 20.6ppm dan untuk pertamax sebesar 20,69. Efek dari variasi putaran mesin serta penggunaan bahan bakar yang nilai oktannya berbeda akan mempengaruhi karakteristik emisi gas buang, setelah di analisis dengan grafik menunjukkan perbedaan yang signifikan, gas CO, HC, ?CO?_2 dan O_2. Nilai oktan bahan bakar dan variasi putaran mesin berpengaruh signifikan terhadap karakterisitik Daya, Torsi, dan Emisi gas buang.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI