pengaruh promosi, potongan harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada toko cahaya logam kecamatan mojo kabupaten kediri


Author (Penulis)

SUTI ANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0379

Abstract

Konsumen lebih memiliki kekuasan yang menentukan di dalam bisnis, sehingga konsumen lebih bebas memilih produk maupun jasa yang akan dikonsumsinya dan pada siapa mereka membeli produk tersebut. Sehingga para produsen harus mampu menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian, dan salah satu hal yang dapat dilakukan oleh produsen dengan memberikan promosi yang menarik dan potongan harga terhadap konsumen. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko Cahaya Logam? (2) Apakah potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko Cahaya Logam? (3) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko Cahaya Logam? (4) Apakah promosi, potongan harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko Cahaya Logam?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen toko Cahaya Logam selama waktu penelitian. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda, dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 0,684 - 0,029 X1 + 0,201 X2 + 0,427 X3. Berdasarkan pengujian secara parsial, diperoleh hasil potongan harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di toko Cahaya Logam Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri, dan variabel promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian di toko Cahaya Logam Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa promosi, potongan harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di toko Cahaya Logam Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai Adjusted R Square adalah 0.740, artinya variabel promosi, potongan harga dan kualitas pelayanan mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 74%. Berarti masih ada variabel lain sebesar 26% yang menjelaskan variabel keputusan pembelian akan tetapi variabel tersebut tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: promosi, potongan harga, kualitas pelayanan, dan keputusan pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI