PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SUSU BONEETO DI KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
SILVIA PRAMISTA ROSALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0375
Abstract
ABSTRAK
Silvia Pramista Rosalia: Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Boneeto di Kota Kediri, Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi, UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Lokasi, dan Keputusan Pembelian.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan pasar susu yang khusus untuk merawat kemampuan tulang dengan kalsium dosis tinggi. Hal ini menyebabkan perlu adanya perhatian dan tindakan yang berhubungan dengan permasalahan kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi sebagai bentuk strategi pemasaran, agar konsumen memutuskan untuk membeli produk susu Boneeto. Seorang konsumen akan membeli susu Boneeto jika kualitas produknya baik, harga terjangkau, adanya promosi yang menarik, dan lokasi yang strategis sehingga mudah didapatkan.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk susu Boneeto di Kota Kediri, baik secara parsial maupun simultan.
Populasi penelitian ini adalah pembeli produk susu Boneeto pada pasar tradisional Gudang Garam dan tempat hiburan Gor Jayabaya di Kota Kediri. Pengambilan sampel menggunakan Accidental Random Sampling sebanyak 50 responden. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Data yang diambil menggunakan metode kuisioner (angket). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Kesimpulan hasil penelitian ini secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Kota Kediri. Hal ini berarti, semakin tinggi kualitas produk, semakin banyak promosi, dan semakin banyak lokasi yang prospek untuk memasarkan susu Boneeto kepada konsumen, maka akan meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap susu Boneeto di Kota Kediri. Sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Kota Kediri. Hal ini berarti, berapapun harga yang telah dibandrol oleh perusahaan, tidak akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian susu Boneeto, karena harga bukan menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian, tetapi konsumen lebih mementingkan kualitas dari produk tersebut. Sesuai dengan hasil (Uji F), dapat diketahui bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan bersama-sama atau secara simultan antara kualitas produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk susu Boneeto di Kota Kediri.