Pengaruh Inovasi Produk, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Dapur Sambal \"Nikmat\" Kediri (Studi Kasus pada Karyawan PT Gudang Garam, tbk Unit 8 Kediri)_
Author (Penulis)
SANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0374
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan manusia terhadap barang dan jasa yang beraneka ragam menjadi tantangan bagi produsen untuk mampu memenuhinya. Keadaan ini menciptakan suatu kondisi persaingan di antara para produsen atas produk yang dipasarkannya. Pemasar sebaiknya mengetahui serta memahami konsumen dengan baik, sehingga produk dan pelayanan yang paling memuaskan akan diminati oleh konsumen indikasi keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya inovasi produk, kepercayaan, dan kualitas pelayanan.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian di Dapur Sambal “Nikmat” Kediri. (2 Pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian di Dapur Sambal “Nikmat” Kediri. (3) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Dapur Sambal “Nikmat” Kediri. (4) Pengaruh inovasi produk, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Dapur Sambal “Nikmat” Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT Gudang Garam, tbk Unit 8 Kediri. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling sebanyak 40 responden dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 24.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Dapur Sambal “Nikmat” Kediri. (2) kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Dapur Sambal “Nikmat” Kediri. (3) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Dapur Sambal “Nikmat’ Kediri. (4) inovasi produk, kepercayaan dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Dapur Sambal “Nikmat’ Kediri.
KATA KUNCI : inovasi produk, kepercayaan, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian