PENGARUH PERSEPSI, GAYA HIDUP, DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERHIASAN PADA TOKO EMAS DWI JAYA PASAR GURAH KEDIRI
Author (Penulis)
MERRY LOEMINIAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0360
Abstract
ABSTRAK
Pandangan hidup masyarakat Indonesia, yang menganggap emas sebagai simbol kekayaan dan status sosial. Masyarakat juga beranggapan memakai perhiasan emas merupakan salah satu bentuk investasi yang aman, karena dapat dijual dengan mudah saat membutuhkan uang. Toko Emas Dwi Jaya merupakan Toko perhiasan emas yang berlokasi di Pasar Gurah Kediri. Toko Emas Dwi Jaya menjadi pilihan konsumen sebagai tempat membeli perhiasan di daerah Kecamatan Gurah. Masyarakat di daerah Kecamatan Gurah dan sekitarnya biasanya melakukan pembelian emas pada saat menjelang hari raya atau saat panen, dan menjualnya kembali saat membutuhkan uang. Jika pemasar dapat memahami perilaku konsumen dengan baik, diharapkan akan dapat meningkatkan volume penjualan perhiasan emas, tidak hanya pada saat menjelang hari raya atau saat panen. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumen (khususnya persepsi, gaya hidup, dan konsep diri) terhadap keputusan pembelian pada Toko Emas Dwi Jaya baik secara parsial maupun simultan.
Variabel penelitian yang diteliti adalah persepsi, gaya hidup, konsep diri dan keputusan pembelian. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode probability sampling yaitu sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah hasil uji statistic secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F).
Hasil penelitian membuktikan bahwa secara parsial persepsi dan gaya hidup mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi, gaya hidup, dan konsep diri mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Persepsi, Gaya Hidup, Konsep Diri, dan Keputusan Pembelian