PENGARUH KUAITAS PELAYANAN, CITRA TOKO DAN DISPLAY PRODUCT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN PRIA MERK NEVADA PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE KEDIRI
Author (Penulis)
IKA WAHYUNINGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0354
Abstract
ABSTRAK
Ika Wahyuningtyas: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Toko, dan Display
Product Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pria Merk Nevada Pada
Matahari Department Store Kediri, Skripsi, Fakultas Ekonomi Manajemen, UNP
Kediri, 2015.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, citra toko, display product, keputusan pembelian.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,
bahwa terdapat persaingan yang dinamis dalam dunia bisnis ritel. Para pengusaha
haruslah berupaya meningkatkan kualitas manajerialnya secara kompleks guna
mempertahankan eksistensinya. Beberapa hal yang dapat dilakukan perusaan
untuk dapat mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen ialah dengan
peningkatan kualitas pelayanan, citra toko dan display product.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan terhdap keputusan pembelian? (2) Bagaimana pengaruh citra toko
terhadap keputusan pembelian pada Matahari Department Store Kediri? (3)
Bagaimana pengaruh display product terhadap keputusan pembelian pada
Matahari Department Store Kediri? (4) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan,
citra toko, dan display product terhdap keputusan pembelian?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan
subyek penelitian konsumen pada Matahari Department Store Kediri. teknik
analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan
mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji
multikolineritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis
yang digunakan adalah uji statistik parsial (uji t), dan uji statistik secara simultan
(uji F).
Hasil uji secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F)
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, citra toko, dan display product
mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan agar Matahari
department Store Kediri mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan,
citra toko dan display product, agar mampu menghadapi persaingan dalam profesi
yang sama. Selain itu perusahaan haruslah meningkatkan keunggulan kompetitif
dan komparatif secara berkesinambungan agar tercipta suasana yang dapat
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.