PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PASIEN BPJS KESEHATAN PADA APOTEK KERTOSONO (Studi Kasus pada Warga Sekitar Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk)
Author (Penulis)
HENA PARMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0352
Abstract
Hena Parmawati | 11.1.02.02.0352
Ekonomi - Manajemen
simki.unpkediri.ac.id
|| 4||
PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PASIEN BPJS KESEHATAN PADA APOTEK KERTOSONO
(Studi Kasus pada Warga Sekitar Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk)
HENA PARMAWATI
11.1.02.02.0352
FAKULTAS EKONOMI - PROGRAM STUDI MANAJEMEN
hena.parma@yahoo.com
Dosen Pembimbing 1: Dr. Puji Astuti M.M.,M.SI.
Dosen Pembimbing 2: Dedi Suselo, SE., M.M
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Hena Parmawati: Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanngan Pasien BPJS Kesehatan Pada Apotek Kertosono, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, loyalitas pelanggan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan di bidang penyedia layanan jasa BPJS Kesehatan yang semakin marak dengan banyaknya Apotek lain yang bermunculan. Fenomena ini mendorong setiap perusahaan untuk meningkatkan standar pelayanannya maupun produknya untuk memenuhi loyalitas pelanggan.Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pelanggan pasien BPJS masih berpengaruh dalam kualitas produk,kualitas pelayanan dan harga dalam pengmbilan obat pada Apotek Kertosono. Hal tersebut nampak pada loyalitas pelanggan yang rendah, yang pada akhirnya berpengaruh pada kualitas yang di berikan juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Apotek Kertosono? (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Apotek Kertosono? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap loyalitas pelanggan pada Apotek Kertosono?
Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik Purposive Sampling, dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 54 sampel pelanggan BPJS Kesehatan Kertosono. Setelah itu dilakukan analisis data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan Uji t menunjukkan bahwa empat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Keputusan Pembelian. Kemudian melalui Uji F dapat diketahui bahwa variabel Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga memang layak untuk menguji variabel dependen Loyalitas Pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,466 menunujukkan bahwa 46,6 persen variasi Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 53,4 persen dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak diteliti dalam penelitian ini.