ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Pengguna Speedy Instan di Wifi Telkom Kediri)
Author (Penulis)
Eviana
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0347
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi persaingan bisnis industri telekomunikasi yang semakin ketat, sehingga perusahaan harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi agar dapat meningkatkankan laba perusahaannya.Strategi pemasaran yang baik sangat ditunjang oleh keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi. Keunggulan kompetitif sebuah perusahaan tidak hanya ditentukan oleh produk dan jasa yang dihasilkan , namun juga kualitas produk dan kualitas pelayanan serta ditunjang oleh pengadaan fasilitas yang memadai yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan juga mempengaruhi kepuasan dibenak pelanggan. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “apakah faktor kualitas produk, kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna speedy instan di Outlet Wifi Telkom Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dan maksud untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel bebas, kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan fasilitas (X3) terhadap variabel terikat (Y).
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuisioner terhadap 52 orang responden pengguna produk Speedy Instan di Outlet Wifi Telkom Jalan Hayam Wuruk No.45-47 Kediri dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel.Kemudian dilakukan analisis data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.Tehnik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah memenuhi uji validaitas, uji reliabiitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 6,297 + 0,457X1 + 0,151X2+ 0,261 X3
Hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga faktor kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan fasilitas (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna speedy instan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,763 menunjukkan bahwa 76,3 persen variasi kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh ketiga variabel independen dalam penelitian ini yaitu variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan fasilitas yang didapat dari persamaan regresi berganda. Sedangkan sisanya sebesar 23.7 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci :kualitas produk, kualitas pelayanan, fasilitas, kepuasan pelanggan