PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPARE PART YAMAHA PADA UD. HENDRA JAYA MOTOR ( HJM ) JALAN RAYA GRINGGING NO.99 GROGOL - KEDIRI


Author (Penulis)

INDRA PUGUH PRAKOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0345

Abstract

ABSTRAK Endra Puguh Prakoso : Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian spare part Yamaha pada UD Hendra Jaya Motor ( HJM ) Jalan Raya Gringging No.99 Grogol - Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juni 2015. Kata kunci : kualitas produk, harga, promosi, dan keputusan pembelian. Tingkat persaingan dunia usaha di Indonesia sangat ketat, karena setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk dapat memperluas pangsa pasar untuk memperoleh konsumen baru. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan, sehingga tujuan dari perusahaan tersebut dapat tercapai. Pada dasarnya semakin banyak pesaing, maka semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan untuk dapat memilih produk yang sesuai dengan harapannya. Konsekuensi dari perubahan tersebut adalah pelanggan menjadi lebih cermat dan pintar menghadapi setiap produk yang dipasarkan.Banyak pertimbangan yang dilakukan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk antara lain kualitas produk, harga, dan promosi.Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh kualitas produk,harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian spare part pada UD Hendra Jaya Motor (HJM) baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling/judgment sampling, dari 250 populasi pelanggan UD Hendra Jaya Motor Kediri diambil sebanyak 35 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan promosi mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk UD. Hendra Jaya Motor harus terus menjaga kualitas produknya, dan menetapkan harga dengan baik, serta meningkatkan promosinyaagar pelanggan mempunyai persepsi bahwa UD. Hendra Jaya Motor tidak akan mengecewakan pelanggannya, sehingga hal tersebut memicu pelanggan memilih UD Hendra Jaya Motor sebagai perusahaan bidang perbengkelan yang baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI