PENGARUH FASILITAS, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA DIAN BEAUTY CLINIC KEDIRI


Author (Penulis)

DIAH TIRTA WATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0339

Abstract

ABSTRAK Diah Tirta Wati : Pengaruh Fasilitas, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Dian Beauty Clinic Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juni 2015. Kata kunci : fasilitas, harga, kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan. Sektor jasa dewasa ini telah mengalami peningkatan yang dramatis dibanding dekade sebelumnya. Hal ini terlihat dari kontribusi sektor ini terhadap perekonomian dunia yang kini telah mendominasi sekitar dua pertiganya. Dinamika yang terjadi pada sektor jasa terlihat dari perkembangan berbagai industri jasa seperti jasa perhotelan, asuransi, perbankan, pariwisata, telekomunikasi, dan perusahaan-perusahaan jasa profesional seperti kantor akuntan, konsultan, dan pengacara. Bahkan perusahan-perusahaan manufaktur kini juga telah menyadari perlunya unsur jasa pada produknya sebagai upaya peningkatan keunggulan kompetitif bisnisnya. Salah satu industri jasa yang juga mengalami dinamika dalam perkembangannya adalah jasa perawatan kecantikan. Dalam ketatnya persaingan usaha jasa perawatan kecantikan, para pengusaha dituntut melakukan terobosan-terobosan untuk meraih kepuasan pelanggannya, diantaranya adalah menyediakan berbagai fasilitas, penetapan harga, dan meningkatkan kualitas pelayanan dalam meraih kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Dian Beauty Clinic Kediri baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental random sampling, dari 69 populasi pelanggan Dian Beauty Clinic Kediri diambil sebanyak 41 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa fasilitas, harga, dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk Dian Beauty Clinic Kediri agar benar-benar memberikan fasilitas yang menunjang serta melakukan strategi penetapan harga yang sesuai, dan juga selalu meningkatkan kualitas pelayanannya agar mampu menghadapi persaingan dalam profesi yang sama, dan tetap bertahan dalam persaingan yang semakin ketat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI