PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA DEPOT BAKSO KLENGER “ MAS AGUS ” KEDIRI


Author (Penulis)

DIAH TIRTA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0338

Abstract

ABSTRAK Diah Tirta Sari : Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Depot Bakso Klenger “Mas Agus” Kediri, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : kualitas pelayanan, harga, lokasi, dan kepuasan konsumen. Di era globalisasi ini persaingan bisnis memotivasi berbagai perusahaan untuk mempengaruhi dan mempertahankan pangsa pasarnya. Salah satu sektor yang harus bersaing yakni dunia usaha berupa perdagangan dalam bidang kuliner. Perusahaan harus mampu menemukan berbagai strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan yang kompetitif, dengan harapan dapat mempertahankan pasar dan memenangkan persaingan serta memiliki siklus hidup yang panjang. Salah satu industri bisnis yang harus bersaing yakni dunia usaha berupa perdagangan dalam perkembangannya adalah bidang kuliner. Dalam ketatnya persaingan usaha bisnis makanan, para pengusaha dituntut melakukan terobosan-terobosan untuk meraih kepuasan konsumennya, diantaranya adalah meningkatkan kualitas pelayanan, penetapan harga, dan menentukan letak lokasi dalam meraih kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Depot Klenger “Mas Agus” Kediri baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental random sampling, dari 69 populasi konsumenn Depot Klenger “Mas Agus” Kediri diambil sebanyak 41 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan lokasi mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk Depot Klenger “Mas Agus” Kediri agar benar-benar mempertahankan kualitas pelayanannya, serta melakukan strategi penetapan harga yang sesuai, dan juga memperhatikan letak pemilihan lokasi agar mampu menghadapi persaingan dalam bisnis bidang kuliner yang sama, dan tetap bertahan dalam persaingan yang semakin ketat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI