PENGARUH HARGA, SELERA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN TEMPE PAK YUDI TAHUN 2015
Author (Penulis)
DEVI ANGGUN FATMALA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0336
Abstract
ABSTRAK
Devi Anggun Fatmala: Pengaruh Harga, Selera dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Produk Makanan Tempe Pak Yudi Kediri, Skripsi, Fakultas
Ekonomi Manajemen UNP Kediri 2015
Kata kunci : pengaruh harga, selera dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian produk.
Setiap pengusaha dituntut untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang
semakin ketat dengan pengusaha - pengusaha lain dari seluruh dunia untuk
menghadapi globalisasi yang sering dikatakan era dunia tanpa batas. Dalam
persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu pengusaha dapat sukses dalam
persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan
mempertahankan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa
variabel pengaruh harga, selerai, kualitas produk terhadap keputusan pembelian
produk makanan tempe di Dusun Manukan Desa Jabon Kecamatan Banyakan
Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan 3 variabel bebas yaitu pengaruh
harga, selera dan kualitas produk serta variabel keputusan pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengambil
keputusan dalam membeli produk makanan tempe Pak Yudi di Dusun Manukan
Desa Jabon Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri pada tahun 2015 yang
berjumlah 35 orang di Kediri dengan sampel yang diambil sebanyak 35 orang
responden. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Metode
survey dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner yang dibagikan
kepada responden. Dengan pengolahan data yang di bantu program SPSS v.20 for
windows.
Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel harga, selera,
kualitas produk tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian produk makanan tempe pak Yudi.
Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa keputusan pembelian
produk makanan tempe dipengaruhi oleh variabel harga, selera dan kualitas
dijelaskan oleh variabel yang lain atau sebab-sebab diluar model regresi penelitian
ini misalnya pelayanan, aksestabilitas pendapatan konsumen, saluan distribusi dan
sebagainya.