PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MEKAR SWALAYAN KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

ANDRIANA NUR'AINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0332

Abstract

ABSTRAK Andriana Nur’aini : Pengaruh Persepsi Konsumen, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Mekar Swalayan Kediri Tahun 2015, Skripsi, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Juli 2015. Kata kunci : persepsi konsumen, fasilitas, lokasi dan keputusan pembelian. Saat ini persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat sehingga mengharuskan perusahaan untuk dapat memiliki keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Salah satunya yaitu bisnis ritel. Para pengusaha dituntut melakukan terobosan-terobosan untuk meraih konsumen dalam keputusan pembelian, diantaranya adalah menciptakan persepsi konsumen, menyediakan fasilitas yang memadai serta lokasi yang mudah dijangkau untuk meraih konsumen dalam keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Mekar Swalayan Kediri baik secara parsial maupun simultan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive random sampling, dari tidak terbatasnya populasi pengunjung Mekar Swalayan Kediri diambil sebanyak 53 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F). Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa persepsi konsumen, fasilitas dan lokasi mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk Mekar Swalayan Kediri agar meningkatkan persepsi konsumen serta menyediakan fasilitas yang memadai dan lokasi yang mudah dijangkau, agar mampu menghadapi persaingan dalam bisnis ritel dan tidak boleh pongah saat berjaya (mampu menghadapi persaingan).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI