PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK, FITUR DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG OLEH MAHASISWA UNP DI KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

YORDHA MEGA WIJAYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0311

Abstract

Yordha Mega Wijaya: Pengaruh Keunggulan Produk, Fitur dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Samsung oleh Mahasiswa UNP di Kota Kediri. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015. Kata kunci: keunggulan produk, fitur, kemudahan penggunaan dan minat beli konsumen. Keunggulan produk sangat ditentukan oleh keunikan manfaat yang diberikan produk kepada pelanggan, superioritas produk, inovasi produk yang terus-menerus, kemampuan produk memenuhi kebutuhan pelanggan, kemampuan produk mereduksi biaya yang dikeluarkan pelanggan, kecanggihan tehnologi produk dan desain produk itu sendiri. Fitur produk yaitu alat persaingan untuk membedakan produk perusahaan terhadap produk sejenis yang menjadi pesaingnya. Kemudahan penggunaan (ease of use) didefinisikan sebagai sejauhmana seseorang percaya bahwa penggunaan teknologi akan bebas dari usaha. Minat beli merupakan sesuatu yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli produk tertentu serta berapa banyak unit produk yang dibutuhkan pada periode tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh keunggulan produk terhadap minat beli konsumen pada produk smartphone Samsung, Untuk mengetahui pengaruh fitur terhadap minat beli konsumen pada produk smartphone Samsung, Untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan terhadap minat beli konsumen pada produk smartphone Samsung. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. populasi pada penelitian ini sebanyak 21.645, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil dengan menggunakan kuota sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh keunggulan produk, fitur, dan kemudahan penggunaan Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Samsung oleh Mahasiswa UNP di Kota Kediri didasarkan perolehan nilai Adj. R Square sebesar 622. Hal ini berarti 62,2% dapat dijelaskan oleh variabel keunggulan produk, fitur dan kemudahan penggunaan sedangkan sisanya yaitu 37,8% minat beli konsumen dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian diharapkan dapat dijadikan saran, masukan, atau bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam menjalankan kebijakan mengenai variabel-variabel keunggulan produk, fitur dan kemudahan penggunaan sebagai salah satu strategi diferensiasi dalam mempengaruhi minat beli konsumen Produk Smartphone Samsung pada Mahasiswa UNP Kota Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI