PENGARUH HARGA, LOKASI, PROMOSI, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI PERUMAHAN PURI ASRI KEDIRI


Author (Penulis)

YAYAN BAGUS WIJAYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0305

Abstract

ABSTRAK Yayan Bagus Wijaya: Pengaruh Harga, Lokasi, Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Rumah di Perumahan Puri Asri Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Harga, Lokasi, Promosi, Gaya Hidup, dan Keputusan Pembelian Pada masa sekarang ini pertumbuhan penduduk di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Dengan meningkatnya penduduk, maka kebutuhan akan semakin beraneka ragam, salah satunya kebutuhan manusia yang mendasar adalah kebutuhan akan tempat tinggal atau rumah. Masalah tempat tinggal masih menjadi polemik, seperti permasalahan yang dihadapi oleh penduduk di perkotaan adalah kurangnya lahan perumahan yang mengakibatkan harga rumah atau tanah sangat tinggi dan sulit didapatkan. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh harga, lokasi, promosi dan gaya hidup secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan Puri Asri Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli rumah di Perumahan Puri Asri Kediri sebanyak 60 orang. Metode pengambilan sampel adalah proporsional sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang / responden. Variabel bebas penelitian ini adalah harga (X1), lokasi (X2), promosi (X3), gaya hidup (X4) dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Uji instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji statistik secara simultan (uji F) dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisan data menggunakan program SPSS for windows versi 20. Hasil pengujian secara secara parsial menunjukkan variabel harga, lokasi, promosi dan gaya hidup memberikan pengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Sedangkan hasil pengujian simultan menunjukkan semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan Puri Asri Kediri. Saran yang dapat diberikan bagi perusahaan / PT Andhika Wira Karya selaku developer dan kontraktor adalah terus melakukan evaluasi terhadap perusahaannya. Seperti memperhatikan harga, lokasi, dan gaya hidup konsumen dan meningkatkan promosi sehingga akan manarik minat konsumen untuk membeli.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI