PE NGARUH KEMASAN, MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RINSO (Study Kasus Pada Warga di Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun 2015)
Author (Penulis)
YAHYA RAHMAD SABANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0303
Abstract
ABSTRAK
B
anyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari
-
hari
semua oang
. S
alah satunya permintaan akan produk deterjen.
Salah satu produk yang sudah lama di
pasaran adalah deterjen merek Rinso.
Perusahaan bersaing
ketat
dengan mengeluarkan produk baru
dengan kemasan
, merek, dan kualitas produk
yang baru.
Permasalahan yang dikaji
dalam penelitian ini adalah kemasan, merek dan kualitas produk,dan
keputusan pembelian, adakah pengaruh kemasan, merek dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian secara parsial dan simultan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh
kema
san, merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif
yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan data berbentuk angka. Jumlah po
pulasi yang berhasil
ditemui sebanyak 71 orang. Metode pengambilan sampel adalah
Sampling insidential.
Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 60 orang yang merupakan warga yang menggunakan pembersih pakaian merek
“Rinso” yang berdomisili di Desa Sukorejo Kec
amatan Ngasem Kabupaten Kediri. Teknik analisis
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji
statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ?
=
5%. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS
for windows
versi 20.
Berdasarkan hasil penelitian ini nilai F signifikansi yaitu kemasan (X1) berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian, merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputu
san
pembelian,
kualitas produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).
Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa variabel kemasan, merek, dan kualitas
produk baik secara bersama
-
sama maupun secara parsial mempunya
i pengaruh terhadap keputusan
pembelian.
Saran yang dapat diberikan bagi perusahaan hendaknya perusahaan dalam meningkatkan
keputusan pembelian lebih menitik beratkan pada kemasan, merek, dan kualitas produk sedangkan bagi
peneliti selanjutnya sebaiknya l
ebih mengkaji pengaruh kemasan, merek, dan kualitas produk terhadap
keputusan pembelian Rinso.
Kata Kunci :
Kemasan, Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian.=