PE NGARUH KEMASAN, MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RINSO (Study Kasus Pada Warga di Desa Sukorejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Tahun 2015)


Author (Penulis)

YAHYA RAHMAD SABANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0303

Abstract

ABSTRAK B anyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari - hari semua oang . S alah satunya permintaan akan produk deterjen. Salah satu produk yang sudah lama di pasaran adalah deterjen merek Rinso. Perusahaan bersaing ketat dengan mengeluarkan produk baru dengan kemasan , merek, dan kualitas produk yang baru. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemasan, merek dan kualitas produk,dan keputusan pembelian, adakah pengaruh kemasan, merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh kema san, merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang menggunakan data berbentuk angka. Jumlah po pulasi yang berhasil ditemui sebanyak 71 orang. Metode pengambilan sampel adalah Sampling insidential. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang yang merupakan warga yang menggunakan pembersih pakaian merek “Rinso” yang berdomisili di Desa Sukorejo Kec amatan Ngasem Kabupaten Kediri. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikan ? = 5%. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 20. Berdasarkan hasil penelitian ini nilai F signifikansi yaitu kemasan (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, merek (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputu san pembelian, kualitas produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa variabel kemasan, merek, dan kualitas produk baik secara bersama - sama maupun secara parsial mempunya i pengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan bagi perusahaan hendaknya perusahaan dalam meningkatkan keputusan pembelian lebih menitik beratkan pada kemasan, merek, dan kualitas produk sedangkan bagi peneliti selanjutnya sebaiknya l ebih mengkaji pengaruh kemasan, merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Rinso. Kata Kunci : Kemasan, Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian.=

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI