PENGARUH MEREK, KEMASAN, DAN LAYANAN PELENGKAP TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AQUA (Study pada Konsumen di Toko Rama Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri) TAHUN 2015/2016
Author (Penulis)
WINDI FIBRIANITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0301
Abstract
NPM : 11.1.02.02.0301
Nama Mahasiswa : Windi fibrianita
Judul : PENGARUH MEREK, KEMASAN, DAN LAYANAN PELENGKAP TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AQUA
(Study pada Konsumen di Toko Rama Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri)
TAHUN 2015/2016
Kata Kunci : Merek, Kemasan, Layanan pelengkap dan Keputusan pembelian
Abstrak :
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kepuasan pelanggan pada suatu produk khususnya AMDK (air minum dalam kemasan) AQUA dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalahmerek, Kemasan dan Layanan Pelengkap.Merek yang kuat, kemasan yang bagus, serta layanan pelengkap yang efektif dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan pada suatu produk yang ditawarkan oleh perusahaan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1)Sebagian konsumen berangapan bahwa air minum dalam kemasan (AMDK) Sama saja; (2)isu yang beredar bahwa air minum dalam kemasan aqua adalah daur ulang; (3)Pembeli mengiginkan inovasi kemasan menarik pada Aqua; (4)Layanan pelengkap dari Distributor hanya datang 3 minggu sekali; (5)Kebijakan produk yang meliputi merek, kemasan dan layanan pelengkap merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian ini merupakan penelitian ekplanasi yaitu menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel.Instrumen penelitian ini menggunakan angket sebagai pengumpul datanya.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan atau konsumen Toko Rama Kecamatan Ngancar.Sampel yang diambil sebanyak 60 orang dengan menggunakan pendekatan menggunakan metode sampling incidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan,Teknik analisis yang digunakan meliputi :uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisiendeterminasi, uji t dan uji F.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) secara parsial (individu) dari masing-masing variable merek, kemasan, dan layanan pelengkap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (2) secara simultan atau bersama-sama merek, kemasan dan layanan pelengkap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.