PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN, IKLAN TELEVISI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PARFUM AXE
Author (Penulis)
WAHYU SATRIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0295
Abstract
Pemasaran produk parfum di Indonesia kini semakin berkembang dengan ditandai banyak beredarnya berbagai merek, jenis dan varian yang beredar dalam pasaran, hal ini menunjukkan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis bagaimana perusahaan meyakinkan konsumen agar mempersepsikan hal yang positif terhadap produk, salah satunya dengan memperkenalkan melalui iklan televisi dan harga yang sesuai sehingga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan persepsi konsumen, iklan televisi dan harga terhadap keputusan pembelian secara parsial dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan persepsi konsumen, iklan televisi dan harga secara simultan terhadap keputusan pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen parfum Axe pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Ukuran sampel telah ditentukan peneliti sebanyak 60 responden.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang pertama kuesioner. Kedua yaitu wawancara dengan cara proses bertatap muka antara penanya atau pewawancara dengan penjawab atau responden dengan menggunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara).
Teknik validasi instrumen menggunakan uji validitas dengan melakukan uji signifikasi dengan membandingkan nilai r hitung dengan r tabel untuk sampel 60. Nilai r tabelnya yaitu 0,254. Uji reliabilitas jika memberikan nilai Cronbach Alpha > 0,60. Analisis regresi linear berganda untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas dan variabel terikatnya. Uji t dan F dengan tingkat signifikansi 0,05 dan diperolehlah hasil uji t semua variabel bebas t hitung > t tabel. Nilai yang diperoleh uji F yaitu 149,012 dengan tingkat signifikan 0,000. Disimpulkan bahwa keputusan pembelian parfum Axe pada studi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Dipengaruhi secara signifikan oleh persepsi konsumen, iklan televisi dan harga.