ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI DESA BENDUNGREJO KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK
Author (Penulis)
VIVI DIAH KUSUMANINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0293
Abstract
ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI DESA BENDUNGREJO KECAMATAN BERBEK KABUPATEN NGANJUK
Vivi Diah Kusumaningrum
11.1.02.02.0293
Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen
Dr. H. Samari, S.E., M.M.1 ,Suhardi, S.E., M.Pd.2
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman peneliti, bahwa perkembangan UMKM di desa Bendungrejo kurang berkembang karena karakteristik wirausaha yang belum baik, kurangnya modal usaha yang dimiliki, dan kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran. Padahal Indonesia saat ini dihadapkan pada pelaksanaan pasar bebas Asia Tenggara atau yang biasa disebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dilaksanakan pada tahun 2015. Sehingga sektor UMKM harus mampu bersaing dengan produk-produk dari luar negeri dibutuhkan produktivitas UMKM yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha terhadap pengembangan UMKM (2) Mengetahui pengaruh modal usaha terhadap pengembangan UMKM (3) Mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap pengembangan UMKM (4) Mengetahui pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, dan strategi pemasaran secara bersama-sama terhadap pengembangan UMKM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek peneliti yaitu sektor UMKM di desa Bendungrejo.Sedangkan sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 55 responden dengan metode simple random sampling.
Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara kuesioner dan wawancara dengan pelaku UMKM untuk mencari informasi yang diperlukan peneliti. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data yakni: uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik, uji t, uji F, dan regresi linier berganda.
Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) Karakteristik wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM di desa Bendungrejo (2) Modal usaha berpengaruh postitif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM di desa Bendungrejo (3) Strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM di desa Bendungrejo (4) Karakteristik wirausaha, modal usaha, dan strategi pemasaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan UMKM di desa Bendungrejo.
Kata Kunci : PengembanganUMKM, karakteristik wirausaha, modal usaha, strategi pemasaran.