PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOMUNIKASI DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus pada Bank BTPN KCP Jatirogo Tuban)


Author (Penulis)

VIKY WAHYUNI ISA WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0291

Abstract

ABSTRAK Viky Wahyuni Isa Wulansari: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Komunikasi dan Lokasi terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank BTPN KCP Jatirogo Tuban), Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2016. Masyarakat modern mempunyai pemikiran bahwa menabung memiliki manfaat yang baik buat jangka panjang maupun jangka pendek. Untuk itu bisnis Perbankan harus bisa menjaring nasabah sebanyak-banyaknya demi kelangsungan usahanya. Salah satu dengan menjaga dan meningkatkan kepuasan nasabah. Banyak cara yang dilakukan pihak Bank untuk meningkatkan kepuasan nasabah diantaranya kualitas pelayanan, komunikasi dan lokasi. Kualitas pelayanan, komunikasi dan lokasi merupakan tiga faktor dari berbagai faktor yang perlu diperhatikan pihak manajemen Bank agar kepuasan nasabah meningkat. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, komunikasi dan lokasi terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank BTPN KCP Jatirogo) baik secara parsial maupun simultan. Variabel penelitian yang digunakan adalah kualitas pelayanan, komunikasi, lokasi dan kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian bersifat infinit, artinya populasi tidak dapat ditentukan atau diukur. Jadi dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh nasabah Bank BTPN KCP Jatirogo Tuban yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel ditentukan 50 responden nasabah Bank BTPN KCP Jatirogo Tuban. Titik tolak peneliti untuk menentukan jumlah responden merupakan pendapat Roscoe. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilakukan dengan memberikan persepsi terhadap kualitas pelayanan, komunikasi, lokasi dan kepuasan nasabah. Analisis kuantitatif, menggunakan analisis linear berganda, yang di ambil dengan alat bantu SPSS 17. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa 1. kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, 2. komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, 3. lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, 4. kualitas pelayanan, komunikasi dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan bagi perusahaan berusaha memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada nasabah, beriklan produk jasa yang menarik dan mempertahankan lokasi yang ada nasabah menjadi nasabah loyal dan meningkatkan kepuasan nasabah. Kata Kunci: kualitas pelayanan, komunikasi , lokasi dan kepuasan nasabah

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI