ANALISIS PENGARUH DISTRIBUSI, PERSEPSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI APOTEK SEHAT KEDIRI


Author (Penulis)

VENTY NOVI ANGGREINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0289

Abstract

ABSTRAK Dalam situasi persaingan bisnis yang semakin maju seperti ini, perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mencari ataupun mempertahankan konsumennya. Agar konsumen tetap menggunakan atau setia dengan jasa maupun produk dari perusahaan. Dalam penelitian ini, dianalisis pengaruh variabel–variabel distribusi, persepsi, dan kualitas pelayanan, terhadap loyalitas pelanggan Apotek Sehat Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah distribusi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Apotek Sehat Kediri? (2) apakah persepsi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Apotek Sehat Kediri? (3) apakah kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Apotek Sehat Kediri? (4) apakah distribusi, persepsi, dan kualitas pelayanan secara silmutan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Apotek Sehat Kediri? Penelitian ini menggunakan tehnik penelitian survey,dengan menggunakan variabel penelitian populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, teknik analisa data. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang diambil dari seluruh pelanggan tetap apotek sehat Kediri. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F. Dengan kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan antara distribusi, persepsi dan kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan perusahaan terus meningkatkan faktor-faktor yang menjadi pengaruh terhadap loyalitas pelanggan, karena dengan meningkatkan faktor-faktor tersebut maka konsumen akan meningkatkan pembelian di Apotek Sehat Kediri. Kata kunci: distribusi, persepsi, kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI