PENGARUH JENIS KREDIT, SUKU BUNGA, DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BPR NUSAMBA NGUNUT KANTOR CABANG NGADILUWIH
Author (Penulis)
VEGAWATI TIARA W.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0288
Abstract
Dari waktu ke waktu kondisi dunia perbankan di Indonesia telah mengalami banyak perubahan. Banyaknya kompetitor memaksa pihak perbankan untuk mengatur strategi agar dapat bertahan. Beberapa cara yang digunakan adalah dengan melakukan promosi dan pemberian hadiah yang menarik bagi nasabah, meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan kepada nasabah, menawarkan suku bunga yang bersaing. Hal itu pula yang dilakukan oleh PT BPR Nusamba Ngunut.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh jenis kredit, suku bunga, kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah BPR Nusamba Ngunut. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh jenis kredit, suku bunga, kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah secara pasrsial dan simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian adalah nasabah BPR Nusamba Ngunut Kantor Cabang Ngadiluwih. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, dengan responden 55 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket (kuesioner) dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskripsi persentase dan regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa jenis kredit dan suku bunga berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas nasabah, sedangkan secara parsial kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Jenis kredit, suku bunga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas nasabah sebesar 30,1%, sedangkan sisanya sebesar 69,9% dipengaruhi oleh faktor lain.