PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RISKI TAMA SWALAYAN NGADILUWIH KEDIRI
Author (Penulis)
USWATUN KASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0287
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya perusahaan dagang yang bergerak pada bidang perdagangan eceran yang berbentuk toko, minimarket, toserba, pasar swalayan dan lain-lain. Persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan-perusahaan semakin ketat, sehingga menuntut manajemen perusahaan untuk lebih cermat dalam menentukan setrategi bersaing agar dapat memenangkan persaingan.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada Riski Tama Swalayan Ngadiluwih Kediri? (2) Adakah pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan pada Riski Tama Swalayan Ngadiluwih Kediri? (3) Adakah pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan pada Riski Tama Swalayan Ngadiluwih Kediri? (4) Adakah pengaruh kualitas produk, layanan, dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan pada Riski Tama Swalayan Ngadiluwih Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi adalah warga Ngadiluwih Kediri dengan jumlah sampel 100 orang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan instrument penelitian yakni berupa angket (kuesioner) dan check list. Tehnis analisis data yang digunakan yaitu analisi deskriptif dan analisis kuantitatif.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kualitas produk secara parsial nerpengaruh signifkan terhadap loyalitas pelanggan pada Riski Tama Swalayan Ngadiluwih Kediri. (2) Kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Riski Tama Swalayan Ngadiluwih Kediri. (3) Citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Riski Tama Swalayan Ngadiluwih Kediri. (4) Kualitas produk, kualitas layanan, dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Riski Tama Swalayan Ngadiluwih Kediri.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : Faktor kualitas produk , kualitas layanan, dan citra merek terbukti berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Riski Tama Swalayan Ngadiluwih Kediri, maka kepada Riski Tama Swalayan harus bisa mempertahankan hal tersebut bahkan kalau bisa ditingkatkan lagi menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kata kunci : kualitas produk, kualitas layanan, citra merek, loyalitas pelanggan.
Kata kunci : kualitas produk, kualitas layanan, citra merek, loyalitas pelanggan.