PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA WISMA RIAS ANTIKA NGANJUK
Author (Penulis)
SUSI AJENG WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0277
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknyaperusahaan jasa yang sangat pesat, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pendirian industri di berbagai daerah, salon kecantikansebagai salah satu penyedia jasa yang mengalami persaingan. Persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan-perusahaan semakin ketat, sehingga menuntut manajemen perusahaan untuk lebih cermat dalam menentukan strategi bersaing agar dapat memenangkan persaingan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan pelayanan terhadap keputussan pembelian pada Wisma Rias Antika Nganjuk.
Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah causal riset atau riset kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Wisma Rias Antika Nganjuk. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan sejumlah 100 konsumen dengan teknik sampel insidental. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear berganda.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Secara uji parsial (individu) variabel harga, kualitas produk dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Secara simultan (bersama-sama), variabel harga, kualitas produk dan pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini direkomendasikan faktor harga, kualitas produk dan pelayanan terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Wisma Rias Antika harus bisa mempertahankan hal tersebut bahkan kalau bisa ditingkatkan lagi menjadi lebih baik dari sebelumnya.