ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI, ATMOSFER TOKO, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO BUKU TOGAMAS KEDIRI TAHUN 2015


Author (Penulis)

SONIA WIDIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0272

Abstract

ANALISIS PENGARUH BAURAN PROMOSI, ATMOSFER TOKO, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TOKO BUKU TOGAMAS KEDIRI TAHUN 2015 Sonia Widiasari 11.1.02.02.0272 EKONOMI-MANAJEMEN mhomhow03@gmail.com / soniawidiasari@gmail.com Dr. Sri Aliami dan Ema Nurzainul Hakimah, M.M. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran promosi, atmosfer toko, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan. Variabel penelitian yang digunakan adalah (1) bauran promosi, (2) atmosfer toko, (3) kualitas pelayanan, dan (4) loyalitas pelanggan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang yang merupakan konsumen atau pelanggan dari Toko Buku TOGAMAS Kediri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan kuesioner secara langsung kepada pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian ini dengan masalah yang dibahas sesuai dengan penelitian yang peneliti lakukan. Data analisis menggunakan metode deskriptif dan kualitatif yang menggunakan analisa regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) bauran promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Buku TOGAMAS Kediri, (2) atmosfer toko secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Buku TOGAMAS Kediri, (3) kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Buku TOGAMAS Kediri, (4) bauran promosi, atmosfer toko, dan kualitas pelayanan secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Buku TOGAMAS Kediri. Untuk mencapai tujuan dari pada Toko Buku TOGAMAS Kediri terhadap loyalitas pelanggan, ada beberapa saran yang ingin disampaikan diantaranya (1) mengingat faktor bauran promosi, atmosfer toko, dan kualitas pelayanan baik secara simultan maupun secara parsial telah terbukti secara empiris berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, maka dari itu pihak perusahaan atau toko perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut sehingga loyalitas pelanggan tetap terjaga dengan baik, (2) diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih dalam lagi tentang analisis pengaruh bauran promosi, atmosfer toko, dan kualitas pelayanan yang pada penelitian ini berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Buku TOGAMAS Kediri agar dapat diperoleh gambaran yang lebih lengkap lagi sehingga diharapkan hasil penelitian yang akan datang lebih baik dan sempurna dari penelitian ini. Kata Kunci : Bauran Promosi, Atmosfer Toko, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas Pelanggan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI