PENGARUH MODAL, POTENSI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM DI DESA KETANON KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
SALFIRA PRISTI W.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0265
Abstract
Seiring berkembangnya ilmu dan pengetahuan yang makin maju, maka pengusaha dituntut untuk membuat produk atau barang mereka menjadi nilai jual yang lebih. Oleh karena itu pengusaha harus mempunyai modal yang cukup, potensi pasar yang mendukung serta berinovasi. Karena modal, potensi pasar dan inovasi produk dibutuhkan dalam menjalankan usaha dan saling berkaitan sehingga akan mampu untuk meningkatkan kinerja dalam berwirausaha.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah variabel modal, potensi pasar dan inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja UMKM, serta untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh secara dominan diantara tiga variabel modal (X1), (X2) potensi pasar dan inovasi produk (X3) terhadap kinerja (Y)UMKM.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian adalah sebanyak 65 orang. Sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh, dengan responden 65 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket (kuesioner). Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 20.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal, potensi pasar dan inovasi produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, Sedangkan secara simultan (bersama-sama) modal, potensi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM di Desa Ketanon Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.