ANALISIS PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN, ATMOSPHER KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO TAMARA KEDIRI
Author (Penulis)
ROIMATUL ZAHRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0261
Abstract
ABSTRAK Roimatul Zahro. Analisis Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Atmospher Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Tamara Kediri. Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi UNP Kediri, 2015. Kata kunci: keragaman produk, harga, kualitas pelayanan, atmospher kenyamanan dan keputusan pembelian. Keputusan pembelian adalah “tahap dalam proses pengambilan keputusan pembeli dimana konsumen benar-benar membeli. Keragaman Produk yaitu keputusan tentang penempatan produk berkaitan dengan ketersediaan produk/ keragaman produk dalam jumlah yang sesuai dan di lokasi yang sangat tepat. Harga adalah jumlah uang (kemungkinan ditambah beberapa barang) yang dibutuhkan untuk memperoleh beberapa kombinasi sebuah produk dan pelayanan yang menyertainya. Kualitas pelayanan adalah salah satu faktor yang menentukan tingkat keberhasilan perusahaan adalah kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Atmosphere kenyamanan”merupakan salah satu komponen dari citra toko. Didalamnya terdapat kombinasi antara produk yang dijual, pelayanan, pelanggan, toko sebagai tempat untuk menikmati kesenangan hidup dan aktivitas promosi toko. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pengaruh keragaman produk terhadap keputusan pembelian di Toko Tamara Kediri? 2) Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di Toko Tamara Kediri? 3) Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Toko Tamara Kediri? 4) Untuk menganalisis pengaruh atmospher kenyamanan terhadap keputusan pembelian di Toko Tamara Kediri? 5) Untuk menganalisis pengaruh keragaman produk, harga, kualitas pelayanan, atmospher kenyamanan terhadap keputusan pembelian di Toko Tamara Kediri? Teknik penelitian ini adalah teknik korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen di Toko “Tamara” Kota Kediri. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keragaman Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Atmospher Kenyamanan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian di Toko Tamara Kediri, didasarkan perolehan nilai Adj. R Square sebesar 45,2% dan sisanya sebesar 54,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa Keragaman Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Atmospher Kenyamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel yang paling berpengaruh pada keputusan pembelian adalah variabel kualitas pelayanan dengan nilai koefisien sebesar 0,698. Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian diharapkan dapat dijadikan masukan kepada pihak manajemen pemasaran yang khususnya terkait tentang keragaman produk, harga, kualitas pelayanan dan atmospher kenyamanan. Sehingga konsumen merasa keragaman produk yang terdapat di Toko Tamara serta kualitas pelayanan, harga, atmosphere kenyamanan mampu untuk melakukan keputusan pembelian ulang .