ANALISI PENGARUH HARGA,BRAND IMAGE DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPONE ATAU SMARTPHONE SAMSUNG JENIS ANDROID (STUDI PADA MAHASISWA UNP KEDIRI)
Author (Penulis)
NOVIRA TYAS CAHYA P.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0234
Abstract
ABSTRAK
NOVIRA TYAS CAHYA PERTIWI: Analisis Pengaruh Harga, Brand Image
dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Atau Smartphone
Samsung Jenis Android ( Studi pada Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI
Kediri )Skripsi, prodi Manajemen, Fakultas Eknomi Universits Nusntara PGRI
Kediri, 2015.
Kata Kunci : Harga, Brand Image, Atribut Produk dan Keputusan Pembelian
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman
peneliti, bahwa usaha meningkatkan keputusan pembelian yang optimal pada
handphone atau smartphone samsung jenis android masih terdapat beberapa
kendala. Seperti, harga yang masih memberatkan sebagian mahasiswa, masih
banyak mahasiswa yang menggunakan smartphone merk lain serta kendala
lainnya. Sehingga mempersulit perusahaan dalam mencapai tujuannya. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor Harga, Brand Image dan Atribut
Produk yang mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Universitas
Nusantara PGRI Kediri
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek
penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri sebanyak
1.187 orang. Sampel ditentukan menggunakan rumus slovin dengan responden
100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket
(kuesioner) dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode analisa deskripsi persentase dan regresi linier
berganda.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa harga, brand image
dan atribut produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian
sebesar 81,8 %, sedangkan sisanya sebesar 18,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Disarankan perusahaan terus meningkatan faktor-faktor yang menjadi
pengaruh terhadap keputusan pembelian, karena dengan meningkatkan faktorfaktor
tersebut maka konsumen akan meningkatkan keputusan pembelian secara
maksimal.