PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KOPI KAPAL API PADA PT FASTRATA BUANA KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
NIKEN PRAMANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0227
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,
bahwa upaya meningkatkan kualitas produk dan kepuasan guna meningkatkan loyalitas
pelanggan yang masih mengalami kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara parsial
dan simultan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian
adalah seluruh pelanggan kopi kapal api. Sampel di tentukan dengan teknik purposive
sampling, dengan responden 50 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dengan angket (kuesioner) dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskrisi presaentase dan regresi linier
berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda
? = 0,800 + 0,456?? + 0,633??. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
kualitas produk dan kepuasan pelanggan bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap loyalitas pelanggan Kopi Kapal Api Pada PT Fastrata Buana Kediri sebesar 61,3%.
Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa selain kualitas produk dan kepuasan pelanggan,
loyalitas pelanggan juga ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini sebesar 38,7%.