PENGARUH PELAYANAN, FASILITAS DAN REPUTASI TERHADAP KELUASAN PELANGGAN IM3 (Pada Penduduk Desa Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk)


Author (Penulis)

MUHAMMAD AGUS SUPRIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0220

Abstract

ABSTRAK Muhammad Agus Sipriyanto . Manajemen. 11.1.02.02.0220 : Pengaruh Pelayanan, Fasilitas dan Reputasi terhadap kepuasan pelanggan IM3.studi penduduk Desa Kelutan , Skripsi, Manajemen, FE UNP Kediri, 2015. Dewasa ini dunia usaha semakin berkembang dengan sangat pesat dan cepat, semua berlomba untuk menampilkan usaha yang sangat beragamdan menarik, sehingga mendorong perkembangan dunia usaha yang semakin pesat dan persaingan pasar yang ketat. Hal ini juga dirasakan oleh PT. Indosat “IM3” harus membuat beberapa perbaikan dan inovasi agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang pada akhirnya akan menciptakan konsumen yang puas. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pelayanan, Fasilitas dan Reputasi terhadap kepuasan pelanggan IM3 baik secara persial maupun simultan. Variabel penelitian yang digunakan adalah (1) Pelayanan (2) Fasilitas, (3) Reputasi, dan (4) kepuasan pelanggan. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan Accidental Sampling Method. Sampel dalam penelitian adalah 40 orang konsumen dari penggunan kartu prabayar IM3di Desa Kelutan Kecamtan Ngronggot Kabupaten Nganjuk dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif, menggunakan analisis linier berganda. Analisis kualitatif merupakan interprestasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilakukan dengan memberikan keterangan dan penjelasan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut juga dapat disimpulkan bahwa semakin baik pelayanan maka semakin tinggi pula kepuasan pelanggan, fasilitas berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga fasilitas yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, reputasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Sehingga reputasi yang diciptaan oleh perusahaan akan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Kata kunci : Pelayanan, Fasilitas, Reputasi, Kepuasan Pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI