PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEBIJAKAN HARGA, DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PEMBELIAN SPERPART VARIASI DAN PEMASANGAN DI CV PRIMA AC
Author (Penulis)
MOHAMMAD YUSUF
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0218
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kualitas produk, kebijakan harga dan saluran distribusi terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, kuesioner, wawancara dan observasi. Dari jumlah populasi penelitian sebanyak 250 pengusaha, diambil sampel sebanyak 50 responden dengan teknik purposive sampling. Analisa data menggunakan koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi, dan uji t dan uji f untuk membuktikan hipotesis dengan menggunakan SPSS 16.0.
Hasil penelitian melalui analisis linier berganda memperlihatkan bahwa kualitas produk, kebijakan harga, dan saluran distribusi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji t dari variabel kualitas produk diperoleh thitung 4,907 dengan niali signifikasi sebesar 0,000< 0,05. Uji t dari variabel kebijakan harga diperoleh thitung 3,921 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 <0,05. Uji t dari variabel saluran distribusi diperoleh thitung4,801 dengan signifikasi sebesar 0,000 <0,05 dan secara simultan sebesar 93 % terhadapkepuasan konsumen.
Kata Kunci Kualitas Produk, Kebijakan Harga, Saluran Distribusi dan Kepuasan Konsumen.