ANALISIS PENGARUH ATRIBUT PRODUK, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA PADA UD MPM MOTOR SAMBI KEDIRI
Author (Penulis)
MOHAMAD KHORIDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0214
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi dari Perkembangan usaha bisnis dalam era globalisasi saat ini semakin pesat yang ditandai dengan tingkat persaingan antar perusahaan yang semakin tinggi dan ketat. Meningkatnya permintaan sepeda motor berdampak pada menjamurnya UD motor. Hal ini membuat konsumen semakin selektif dalam menentukan pilihannya
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana atribut produk, promosi, kualitas pelayanan, dan keputusan pembelian, adakah pengaruh atribut produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian adalah seluruh konsumen UD MPM Motor Sambi Kediri sebanyak 2093 orang. Sampel di tentukan dengan teknik purposive sampling, dengan responden 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket (kuesioner) dan wawancara. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskrisi presaentase dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 22,391 + 0,182 X1 + 0,275 X2+ 0,324 X3 Dengan menggunakan SPSS 20 diketahui hasil uji F sebesar 16,000 dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 yang berarti “ada pengaruh signifikan atribut produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada UD MPM Motor Sambi Kediri” diterima. Uji t dari variabel atribut produk diperoleh thitung 1,699 dengan nilai signifikan sebesar sebesar 0,049< 0,05. promosi diperoleh thitung 2,078 dengan nilai signifikan sebesar sebesar 0,040< 0,05. Uji t dari variabel kualitas pelayanan diperoleh thitung 2.078 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. < 0,05. Sehingga atribut produk (X1), promosi (X2), dan kualitas pelayanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian(Y).
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa atribut produk, promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Disarankan perusahaan terus menigkatkan faktor-faktor yang menjadi pengaruh terhadap keputusan pembelian, karena dengan meningkatkan faktor-faktor tersebut maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen.
Kata Kunci : Atribut Produk, Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian.