PENGARUH POTONGAN HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LAY OUT (TATA LETAK) TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI SWALAYAN DINASIA (Study Pada Masyarakat Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar)


Author (Penulis)

MOH. SAIFUL
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0213

Abstract

Dampak dari semakin banyaknya swalayan berdiri adalah persaingan yang ketat antara swalayan satu dengan lainnya.Dalam kondisi ini pemasaran mempunyai peranan penting untuk menggugah dan menarik konsumen dalam konteks pemasaran. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu potongan harga, kualitas produk, lay out. Dalam konteks persaingan yang semakin ketat ini potongan harga, kualitas produk, lay outmerupakan tiga faktor dari berbagai faktor yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan volume penjualan. Atas dasar hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh potongan harga, kualitas produk, lay out (tata letak) dan terhadap volume penjualan baik secara parsial maupun simultan. Variabel penelitian yang digunakan adalah (1) potongan harga, (2) kualitas produk, (3) lay out, dan (4) volume penjualan. Metode pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakanaccidental sampling. Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen yang pernah membeli produk di Swalayan Dinasia Blitar.Sedangkan sampel dalam penelitian adalah 50responden. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif, menggunakan analisis linear berganda. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilakukan dengan memberikan keterangan dan penjelasan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa potongan harga secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan, kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan, lay out, secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan dan potongan harga, pelayanan, produk dan tempat secara simultan berpengaruh terhadap volume penjualan Sedangkan dari peneliti menyarankan bagi pihak manajemen Swalayan Dinasia Blitar untuk memberikan potongan harga yang sesuai, meningkatkan kualitas produk serta menata produk dengan baik sehingga konsumen nyaman berbelanja.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI