PENGARUH POTONGAN HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LAY OUT (TATA LETAK) TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI SWALAYAN DINASIA (Study Pada Masyarakat Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar)
Author (Penulis)
MOH. SAIFUL
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0213
Abstract
Dampak dari semakin banyaknya swalayan berdiri adalah persaingan yang
ketat antara swalayan satu dengan lainnya.Dalam kondisi ini pemasaran
mempunyai peranan penting untuk menggugah dan menarik konsumen dalam
konteks pemasaran. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu potongan
harga, kualitas produk, lay out. Dalam konteks persaingan yang semakin ketat ini
potongan harga, kualitas produk, lay outmerupakan tiga faktor dari berbagai
faktor yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan volume penjualan. Atas dasar
hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh potongan harga,
kualitas produk, lay out (tata letak) dan terhadap volume penjualan baik secara
parsial maupun simultan.
Variabel penelitian yang digunakan adalah (1) potongan harga, (2) kualitas
produk, (3) lay out, dan (4) volume penjualan. Metode pengambilan sampel yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakanaccidental sampling. Populasi
dalam penelitian adalah semua konsumen yang pernah membeli produk di
Swalayan Dinasia Blitar.Sedangkan sampel dalam penelitian adalah 50responden.
Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan
analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif, menggunakan
analisis linear berganda. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data
yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilakukan
dengan memberikan keterangan dan penjelasan.
Hasil analisis data menyimpulkan bahwa potongan harga secara parsial
berpengaruh terhadap volume penjualan, kualitas produk secara parsial
berpengaruh terhadap volume penjualan, lay out, secara parsial berpengaruh
terhadap volume penjualan dan potongan harga, pelayanan, produk dan tempat
secara simultan berpengaruh terhadap volume penjualan
Sedangkan dari peneliti menyarankan bagi pihak manajemen Swalayan
Dinasia Blitar untuk memberikan potongan harga yang sesuai, meningkatkan
kualitas produk serta menata produk dengan baik sehingga konsumen nyaman
berbelanja.