ANALISIS PENGERUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPEDA MOTOR MEREK HONDA (STUDI KASUS PADA DEALER GALAXY MOTOR KEDIRI)
Author (Penulis)
MOCHAMAD DWI PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0209
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya sarana transportasi bagi manusia zaman sekarang. Sarana transportasi menunjang kebutuhan mobilitas masyarakat untuk bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan cepat. Salah satu sarana transportasi yang dapat menunjang kebutuhan mobilitas masyarakat yaitu produk sepeda motor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh marketing mix (produk, harga, promosi, dan lokasi) terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda. Melalui penelitian ini maka dapat diketahui pengaruh variabel manakah yang signifikan dalam mempengaruhi variabel keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda.
Dalam penelitian ini dugaan sementara atau hipotesisnya yaitu terdapat pengaruh signifikan dari variabel produk, harga, promosi, dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda secara parsial maupun simultan.
Obyek dalam penelitian ini adalah Dealer Galaxy Motor Kediri atau perusahaan yang bergerak dalam penjualan sepeda motor merek Honda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen dari Dealer Galaxy Motor Kediri. Dari keseluruhan obyek populasi peneliti menetapkan sampel sebanyak 50 orang.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara tanya jawab menggunakan kuesioner atau angket yang dibagikan kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini antara lain dengan menggunakan uji asumsi klasik (normalitas, autokorelasi, heteroskesdastisitas, multikolinieritas), regresi linier berganda, uji koefisiendeterminasi, dan uji hipotesis (uji t, uji F) Dari hasil penelitian dengan menggunakan program SPSS versi 20 dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang, maka diperoleh adanya pengaruh positif dan signifikan produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek Honda pada Dealer Galaxy Motor Honda Kediri.
Kata Kunci : Marketing mix, produk, harga, promosi, lokasi, keputusan pembelian.