PENGARUH KELAS SOSIAL, KELUARGA, GAYA HIDUP, DAN MOTIVASI TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SWALAYAN SURYA GONDANG


Author (Penulis)

MALIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.02.02.0204

Abstract

ABSTRAK Menganalisis faktor perilaku konsumen sangat penting mengingat kondisi masyarakat yang dinamis (mudah berubah) sehingga dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor perilaku konsumen dimana dalam penelitian ini peneliti mempersempit kajian perilaku konsumen yang diteliti hanya pada faktor – faktor kelas sosial, keluarga, gaya hidup dan motivasi terhadap keputusan pembelian di Swalayan Surya Gondang. Variabel penelitian yang digunakan adalah (1) Kelas Sosial, (2) Keluarga, (3) Gaya Hidup, (4) Motivasi, dan (5) Proses Keputusan Pembelian. Dalam penelitian ini, peneliti menetapkan konsumen Swalayan Surya Gondang yang berada dan sedang berbelanja di Swalayan Surya Gondang sebagai populasi penelitian, karena jumlah populasi tidak pasti (Infinite), maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada rumus Roscoe. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif, menggunakan analisis linear berganda. Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilakukan dengan memberikan keterangan dan penjelasan. Hasil analisis data menyimpulkan kelas sosial berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian di Swalayan Surya Gondang, keluarga berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian di Swalayan Surya Gondang, gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian di Swalayan Surya Gondang, motivasi berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian di Swalayan Surya Gondang, dan kelas sosial, keluarga, gaya hidup,dan motivasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap proses keputusan pembelian di Swalayan Surya Gondang. Sedangkan dari peneliti menyarankan kebijakan yang harus diterapkan oleh pihak Swalayan Surya gondang adalah dengan lebih memperhatikan rangsangan – rangsangan konsumen yaitu kelas sosial, keluarga, gaya hidup dan motivasi terhadap keputusan pembelian, sehigga dapat meningkatkan ketertarikan konsumen dalam berbelanja di Swalayan Surya Gondang. Kata kunci : Kelas Sosial, Keluarga, Gaya Hidup, Motivasi, dan Proses Keputusan Pembelian

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-10

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI