PENGARUH MERK, KEMASAN DAN DESAIN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGANPRODUK SUSU PT. ULTRA JAYA
Author (Penulis)
MAIQEL EFENDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0203
Abstract
ABSTRAKSI
MAIQEL EFENDI: Pengaruh Merk, Kemasan dan Desain Produk terhadap Loyalitas Pelanggan produk susu PT.Ultra Jaya (studi pada pelanggan produk susu Ultra di Kirana Mart Gampengrejo Kediri), Skripsi, Manajemen, Fakultas Ekonomi, UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Merk, Kemasan, Desain Produk Dan Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini di latar belakangi untuk mengetahui pengaruh loyalitas pelanggan produk susu Ultra yang berada di Kiranan Mart Gampengrejo Kediri, Kirana Mart yang berdasarkan pengamatan penjualan produk susu Ultra yang paling banyak dari produk lain dan untuk mengetahui loyalitas pelanggan dapat diukur dengan menggunakan tiga variabel yaitu merk, kemasan, dan desain produk. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah merk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk susu Ultra yang berada di Kirana Mart gampengrejo Kediri? (2) Apakah kemasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk susu Ultra yang berada di Kirana Mart Gampengrejo Kediri? (3) Apakah desain produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan produk susu Ultra yang berada di Kirana Mart Gampengrejo Kediri?. Penelitian ini populasinya tidak dapat diketahui secara pasti atau infinite sehinggandapat diketahui dengan menggunakan rumus yang diambil dangan sampel nilai minimum yaitu 58 dan disempurnakan sehingga menjadi 60 dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar angket kepada 60 pelanggan susu Ultra yang ada di Kirana Mart Gampengrejo Kediri. Teknik sampling yang dipakai yaitu metode purposive sampling. Dan teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Kesimpulan hasil penelitian ini dalah (1) Ada pengaruh signifikan merk terhadap loyalitas pelanggan produk susu Ultrayang berada di Kirana Mart Gampengrejo Kediri. (2) Ada pengeruh kemasan terhadap loyalitas pelanggan produk susu Ultrayang berada di Kirana Mart Gampengrejo Kediri. (3) Ada pengaruh desain produk terhadap loyalitas pelanggan produk susu Ultrayang berada di Kirana Mart Gampengrejo Kediri. Berdasarkan hasil perhitungan data dan analisis yang digunakan, diperoleh persamaan regresi yaitu : Y=a+b1X1+b2X2+3X3+b4X4+b5X5+e. Dengan hasil menujukan bahwa : merk, kemasan dan desian produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dengan demikian dengan adanya suatu merk yang diterapkan oleh perusahaan itu baik, kemasan produk yang menarik, dan desain produk yang unik dengan gambar-gambar menarik maka dapat dipastikan akan terciptanya loyalitas pelanggan.