PENGARUH PENATAAN PRODUK, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI ALFAMART (Studi pada pelanggan di Alfamart Wonodadi Blitar)
Author (Penulis)
KHALID AHBAB SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.02.02.0189
Abstract
ABSTRAK
KHALID AHBAB SAPUTRA: Pengaruh Penataan Produk, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Alfamart Wonodadi Blitar, Manajemen, FE UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Penataan Produk, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, upaya dalam meningkatkan keputusan pembelian para konsumen masih terdapat beberapa kendala seperti, pelayanan yang diberikan belum maksimal, keinginan konsumen yang berubah-ubah dan kendala lainnya. Sehingga mempersulit perusahaan dalam mencapai tujuan.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penataan produk, kaulitas produk, kualitas pelayanan, perilaku konsumen dan keputusan pembelian, adakah pengaruh penataan produk, kaulitas produk, kualitas pelayanan dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian secar parsial dan simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penataan produk, kaulitas produk, kualitas pelayanan dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian adalah seluruh pelanggan yang berbelanja di alfamart blitar. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskripsi presentase dan regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=1,164+ ?0,233X?_1+ ?0,828X?_2+ ?0,253X?_(3 )+ 0,097X4. Dengan menggunakan SPSS 20 diketahui hasil uji F sebesar 16,987 dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 yang berarti “ada pengaruh signifikan penataan produk, kualitas produk, kualitas pelayanan dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian di Alfamart Blitar” diterima. Uji t dari variabel penataan produk diperoleh thitung 1,335 dengan nilai signifikan sebesar 0,015< 0,05. Uji t dari variabel kualitas produk diperoleh thitung 2,452 dengan nilai signifikan sebesar 0,016< 0,05. Uji t dari vaariabel kualitas pelayanan diperoleh thitung 1,810 dengan nilai signifikan 0,003< 0,05. Uji t dari perilaku konsumen diperoleh thitung 0,543 dengan nilai signifikan 0,009< 0,05. Sehingga penataan produk (X1), kualitas produk (X2), kualitas pelayanan (X3) dan perilaku konsumen (X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penataan produk, kaulitas produk, kualitas pelayanan dan perilaku konsumen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 53,4% sedangkan sisanya 46,6% dipengaruhi oleh faktor lain.